Bensin

Bensin di sini merujuk pada semua bahan bakar, termasuk premium, pertalite, pertamax. 

Coba perhatikan ketika kamu isi bensin di pom. Kalau saya perhatikan, hampir tidak ada pengendara sepeda motor yang mematikan kendaraannya ketika antre mengisi bensin. Ada pula yang mematikan lalu menyalakan lagi saat antrean maju satu motor. Saya jadi ingin menghitung berapa bensin yang terbuang karena tidak mematikan mesin ketika antre ini. 

Menurut data BPS, jumlah sepeda motor di Indonesia pada tahun 2013 sebanyak 84.732.652 unit. Tahun ini pasti sudah bertambah lagi. Taruhlah dalam satu hari, 40% di antaranya mengisi bensin di pom. Sisanya masih punya bensin, ngecer, atau lagi bokek. Sehingga jumlah sepeda motor yang antre di pom sebanyak 33.893.061 unit. Di antara yang antre tersebut, kira-kira hanya 10% yang mematikan motor saat antre. Jadi, 90%-nya, yaitu 30.503.755 unit tak mematikan kendaraannya. 

Jika diambil rata-rata 1 liter bensin bisa menempuh perjalanan 50km, dan sekali antrean di pom sepanjang 5 meter, maka setiap motor akan membuang bensinnya sebanyak 0,0001 liter. Sedikit ya? Tapi kalau kita kalikan dengan jumlah motor yang antre dalam satu hari di atas, maka di Indonesia, jumlah bensin yang dibuang dalam sehari karena tidak mematikan mesin saat antre di pom menjadi 3.050 liter. Ini dalam sehari. Dalam sebulan, bensin yang terbuang jadi 91.500 liter. 

Ini baru tidak matikan mesin saat antre di pom. Kalau ditambah tidak matikan mesin saat di lampu merah, tentu akan lebih banyak lagi. Kita juga belum hitung asap yang keluar lho. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s