Belajar dari Sepakbola

Dulu.. dulu sekali.. saya suka nonton sepakbola. Waktu itu yang saya suka adalah Liga Italia. Memang waktu itu Lega  Calcio sedang naik daun. Tiap malam akhir pekan, saya sempatkan nonton sepakbola di TV. Sekarang sih Liga Italia sudah nggak populer, nggak ditayangkan juga di TV Indonesia.

Dari nonton bola itu, saya belajar sedikit bahasa Italia. Dua tema yang paling teringat hingga sekarang adalah perihal sepakbola itu sendiri dan warna. Klub-klub sepakbola di Italia memang biasa dijuluki sesuai warnanya, seperti rossonero untuk Milan yang berarti merah hitam, bianconeri atau putih hitam julukan Juventus, atau viola yang jadi julukan untuk si Ungu Fiorentina.

Selain nonton Liga Italia, tentu saya juga menonton Piala Eropa atau Piala Dunia. Waktu itu, dari SMP sampai SMA, saya menghabiskan uang saku untuk membeli tabloid Bola tiap Senin dan Kamis. Saya ikuti semua perkembangan sepakbola. Saya jadi tahu di Eropa ada negara bernama Leichenstein dan di Afrika ada negara bernama Sierra Leone dan Pantai Gading.

Namun, yang paling penting, saya jadi belajar bahwa mas-mas pemain bola itu ganteng maksimal saat menunggu kick off babak kedua. Eh.

Leave a Reply

