Aceh

Tahun 2012, saya ke Medan untuk mencari beberapa hal di sana. Saya dibantu oleh banyak orang, termasuk seorang mahasiswa salah satu universitas di Aceh yang sedang libur dan pulang ke Medan. Ia cerita tentang pengalamannya di Aceh. 

Tak banyak yang saya ingat karena saya lalu bertemu lebih banyak orang. Tapi ada satu cerita tentang Aceh yang masih saya ingat benar. Dalam situasi tertentu, Aceh bisa sangat mencekam, terutama saat politik di sana bergejolak. Jika demikian, maka ia biasa melihat seorang ditembak di kepala saat berjalan di trotoar. Lalu kompleks perumahan bisa tiba-tiba mati listrik. Jika demikian, tak heran jika ketika listrik menyala, ada tetangga yang hilang. Entah siapa pelakunya, entah siapa korbannya. Mahasiswa yang membantu saya cerita jika ia mulanya takut, tapi lama-lama terbiasa. 

Menurutnya, ada kelompok orang di Aceh yang tidak suka dengan orang Jawa. Katanya, “kalau mereka baca nama mbak nih, habis riwayat.” Nama belakang saya memang sangat Jawa. Apalagi logat saya. 

Dari cerita itu, saya sempat menaruh Aceh pada daftar kota yang tak ingin saya kunjungi. Biarpun banyak juga cerita yang mengatakan Aceh indah dan damai. Saya sadar saya percaya pada cerita orang dan tidak mau mencari sisi lain dari Aceh yang pasti menarik. Tapi sekarang saya akan masukkan Aceh ke dalam daftar kota yang ingin saya kunjungi. Ini akan jadi tantangan buat saya untuk membuktikan bahwa apa yang dikatakan seseorang tentang sesuatu tidak pernah mewakili seluruhnya tentang sesuatu itu. Realitas itu plural, Jenderal! Begitu kata Saukko (kutip-kutip padahal baca aja kagak).

Leave a Reply

