Cirebon

Kota Cirebon adalah salah satu kota penting di Jawa Barat, selain Bandung dan Bogor. Ia adalah kota perlintasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kota ini juga populer, terutama bagi mereka yang kerap naik kereta dari dan ke Jakarta. Cirebon menjadi salah satu kota wajib singgah bagi seluruh kereta tujuan Jakarta.

Penduduk Cirebon memiliki identitas yang berbeda daripada penduduk Jawa Barat pada umumnya. Ini terlihat jelas dari bahasa yang mereka gunakan. Saat pertama kali ke Cirebon sekitar tahun 2011, saya takjub karena tak mendapati orang bicara bahasa Sunda. Padahal saya naik angkot tiap hari untuk keliling-keliling. Mereka justru kebanyakan memakai bahasa Indonesia. Orang Cirebon kota memang bukan orang Sunda. Beda dengan orang kabupaten sekitar, Kuningan misalnya, yang adalah orang-orang Sunda. Tak heran banyak pula orang Cirebon yang bisa bahasa Jawa. Rupanya bahasa orang Cirebon campur-campur antara Sunda, Jawa, serta Ngapak Banyumasan. Ini menjadi ciri khusus Cirebon.

Ciri lainnya yang khas dari Cirebon adalah kulinernya yang menggoda iman. Bagaimana tidak, saat kamu datang ke warung Nasi Jamblang manapun, kamu akan kalap untuk mencoba semua lauk yang disediakan. Kalau tidak ingat dompet dan kolesterol, tentu masing-masing lauk yang jenisnya bisa lebih dari 20 akan saya coba semua. Oya, nasi jamblang adalah nasi putih yang dibungkus dengan daun jati. Baunya khas. Selain itu, ada juga empal gentong dan empal asem yang tak mungkin saya lewatkan sebagai pecinta kuah.

Kota Cirebon secara umum tak terlalu istimewa. Kota ini tak bersih-bersih amat. Berbagai objek wisata tak dikelola dengan baik, seperti Goa Sunyaragi dan keraton Kanoman dan Kasepuhan. Secara umum ia hampir sama dengan berbagai kota yang ada di Indonesia lainnya.

Yang jelas, bagi saya, yang istimewa dari Kota Cirebon adalah salah satu warganya. Ehehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s