Denpasar

Denpasar memang tak seterkenal Bali. Padahal ibukota Provinsi Bali ini adalah yang bakal pertama dikunjungi ketika pergi ke Bali. Bahkan, seringkali orang ke Bali ya ke Denpasar, bukan Singaraja atau Klungkung.

Tiga kali ke Denpasar tak membuat saya punya kesan yang cukup tentang kota ini. Kunjungan pertama dan kedua adalah bagian dari piknik sekolah, SMP dan SMA. Sementara kunjungan terakhir adalah singgah sementara sebelum lanjut kerja ke Bali utara, Singaraja. Dari ketiga kunjungan tersebut, saya tak benar-benar tahu ada apa saja di Denpasar. Paling cuma hotel, bandara, dan pusat oleh-oleh saja yang saya tahu. Oh, ditambah pantai Kuta!

Dari memori saya yang sedikit tentang Denpasar, yang paling saya ingat adalah jalannya yang sempit dan macet. Rasanya Denpasar mirip dengan Jogja. Penuh sekali. Pada kunjungan terakhir saya malah lebih parah. Macet di mana-mana. Sepertinya ada jalan-jalan baru yang lebih luas di sekitar pantai Kuta, tapi saya hanya melewatinya sekali.

Tentu saja selain macet, yang paling jelas adalah sajen di mana-mana, juga wisatawan. Tapi saya tak bisa banyak bercerita tentang keduanya karena ingatan saya pendek dan kunjungan terakhir itu hanya lewat seperti pojokan monopoli. Saya hanya nunut beli oleh-oleh dan menuju bandara.

Piknik SMP dan SMA lebih banyak dihabiskan ke kota-kota lain di Bali karena banyak juga tempat wisata terkenal yang letaknya bukan di Denpasar. Kalau saya cerita tentang tempat-tempat wisata itu, palingan kalah menarik daripada banyak cerita di blog atau laman lain. Saya tak ingat mana saja yang telah saya kunjungi selain Pantai Kuta, Pantai Sanur, Taman Ayun, Sangeh, Besakih, dan Kintamani. Saya hanya ingat saat piknik SMA itu, saya merokok untuk pertama dan terakhir kalinya di kamar hotel, di Denpasar, bersama cewek-cewek geng AADC ala-ala.

Semoga tahun ini punya kesempatan ke Denpasar lagi.

Leave a Reply

