Ambarawa

Belum ada kota berawalan F yang pernah kukunjungi. Rencana ke Fakfak tahun lalu gagal karena anggaran. Aku ingin cerita tentang Ambarawa saja. Malam ini Gereja Jago di Ambarawa dilempari molotov.

Saya yang tinggal di Salatiga dan beragama Katolik akrab sekali dengan Ambarawa. Kota ini dekat sekali dengan Salatiga. Kalau naik motor mungkin hanya butuh 30-40 menit saja. Orang Katolik Salatiga selalu menganggap Ambarawa sebagai kota spesial karena di sana ada Gua Maria Kerep. Beberapa temanku di sekolah dulu juga berasal dari Ambarawa. 

Kota ini kecil saja. Jalur utamanya dipakai sebagai perlintasan Semarang-Yogyakarta. Dulu di perlintasan itu ada pasar yang selalu ramai dan membuat jalan macet. Aku sering malas lewat jalur Bawen kalau ke sana karena mesti melewati pasar tersebut. Tapi kalau lewat jalur ini, kamu akan melewati Kelenteng yang megah. Aku lebih senang lewat Banyubiru. Selain menghindari pasar tumpah, aku juga menghindari saingan dengan bus-bus besar. 

Tiap kali menjelang tes catur wulan, kami yang beragama Katolik merasa wajib menenangkan diri dengan berdoa di Kerep pada akhir minggu sebelum tes. Itu juga jadi ajang menyenangkan karena jalan dengan gebetan. Kami biasa naik bus Esto ke Ambarawa dan turun di terminal. Kerep ada di seberang terminal tapi harus jalan kaki naik yang lumayan membuat napas habis. Di jalan masuk menuju Kerep itu ada penjual pecel yang wajib didatangi, Mbok Kami namanya.

Di atas, di Kerep, kami biasa istirahat sebelum berdoa. Istirahat sambil melihat sungai yang mengalir jauh di bawah, juga merasakan angin sepoi-sepoi yang berembus menyejukkan, membuat kami terkantuk-kantuk. Suasana di sana sungguh tenang. Sebelum kami benar-benar tidur karena lelah dan bertemu angin sejuk, kami lanjut berdoa di bawah Gua Maria. Dalam keheningan doa itu, dari jauh sayup-sayup terdengar suara azan. Syahdu. 

Leave a Reply

