7 Pertanyaan supaya Liburanmu Tetap Asyik

Lebaran sebentar lagi tiba. Banyak yang sudah pulang kampung, banyak yang masih di perjalanan, dan masih banyak juga yang masih di perantauan, bersiap pulang. Lebaran jadi moment yang dianggap tepat untuk bertemu dengan saudara dan teman-teman, bertukar kabar, dan bercengkerama. 

Saat seperti ini, pertanyaan “apa kabar?” saja rupanya masih kurang. Pertanyaan tentang kabar sering kali dirinci menjadi “kapan sampai?”, “sekarang tinggal di mana?”, “kuliah/kerja di mana?” Pertanyaan-pertanyaan tersebut masih bisa kita jawab dengan enteng. Namun, rupanya orang Indonesia punya bakat jadi penyelidik. Pertanyaan dilanjutkan ke “kapan kawin?”, “kapan lulus?”, “kok gendutan?”, “kapan punya anak?”, dan sebagainya yang bikin kita malas jawab. Sampai-sampai banyak meme yang beredar di media sosial tentang hal itu. 

Nah, supaya silaturahmi lebih asyik, kenapa bukan kita duluan yang bertanya? Tentu saja pertanyaan yang kita ajukan bukan pertanyaan orang kebanyakan seperti di atas. Setelah kita bertanya apa kabar, kita bisa ajukan pertanyaan-pertanyaan asyik berikut.

  1. Kemarin nonton Mata Najwa yang edisi Gus Mus dan Pak Quraish Shihab nggak? Keren yah mereka? Aku pengen bisa rendah hati kayak mereka. 
  2. Oya, buku apa yang terakhir kamu baca? Tentang apa tuh? Sudah baca novel JK Rowling yang pakai nama samaran? Bagus banget itu. 
  3. Wah, ada perkembangan apa nih di kota kita? Kira-kira apa yang bisa kita lakukan ya supaya kota kita lebih bagus? 
  4. Eh, sudah nonton film Wonder Woman belum? Gal Gadot cantik banget ya? Wah, belum? Ya susah sih ya kalau di sini nggak ada bioskop, padahal bisa buat hiburan warga ya. Gimana caranya ya supaya bisa ada bioskop di sini? Apa bikin bioskop alternatif aja?
  5. Kamu punya blog nggak? Minta alamat blogmu dong, biar aku bisa baca-baca pikiran atau kabar kamu. Oh, nggak punya ya? Bikinlah! Lumayan lho buat nulis-nulis sampah kayak tulisan ini. Mau dibuatin?
  6. Pasar di sini ramai juga ya? Apa cuma pas lebaran aja? Harusnya pemda bisa bangun dan sosialisasikan pasar tradisional dengan baik ya supaya pasar bisa terus bertahan, nggak kalah sama swalayan atau mall.
  7. Perpustakaan daerah di sini di mana ya? Pernah ke sana belum? Bukunya bagus-bagus nggak? Ramai nggak kalau pas buka? Pengen deh main ke Perpusda. 

    Silakan pilih pertanyaan yang kamu suka dan ajukan sebelum lawan bicaramu bertanya macam-macam. Siapa tahu kamu bisa nemu ide-ide baru untuk bangun kota asalmu. Bisa juga kamu dapat referensi film atau buku baru. Asyik kan? 

    Selamat mencoba! 😊

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s